logo

Wakil Rakyat Micro Site

Minggu, 22 April 2018 | Edisi : Indonesia
Ekspresi

Top, Anggota DPR Ini Bantu Warga Miskin Pasang Listrik Gratis

Selasa, 08 Agu 2017 - 13:24:26 WIB
Syamsul Bachtiyar , TEROPONGSENAYAN
77IMG_20170808_132217.jpg
Sumber foto : Istimewa
Anggota Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih saat bertemu warga Desa Supenuh, Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan, Senin (7/8/2017)

LAMONGAN (TEROPONGSENAYAN)-- Kepedulian dan perhatian anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih patut diacungi jempol. Betapa tidak, Eni yang bernaung di Partai Golkar ini dengan sukarela membantu warga kurang mampu untuk mendapatkan sambungan listrik gratis.

Berkat perjuangan Eni, sebanyak 39 keluarga kurang mampu di Desa Supenuh, Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan, Senin (7/8/2017), mendapat bantuan pemasangan listrik 450 VA secara gratis. Selama ini rumah warga tersebut belum tersambung listrik.

"Diharapkan dengan bantuan pemasangan sambungan listrik gratis ini, rumah mereka tidak gelap saat malam hari. Sehingga meski di dalam malam hari mereka dapat melakukan aktivitas. Disisi lain, anak-anak juga diharapkan dapat belajar secara maksimal dengan kondisi yang terang," kata Eni yang Anggota Komisi VII Komisi DPR RI itu saat berkunjung di Desa Supenuh, Senin (5/8/2017) siang.

Eni mengungkapkan pemasangan sambungan listrik tersebut merupakan upaya untuk memperhatikan warga kurang mampu agar turut menikmati listrik ditengah zaman yang serba modern ini. Sebab, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern saat ini.

"Kami juga berharap agar masyarakat turut mengawal pemasangan listrik tersebut. Bila ada oknum yang  nakal, kemudian  melakukan pungli atau memafaatkan kondisi tersebut untuk kepentingan pribadinya langsung laporkan ke Kades atau Kecamatan, ke PLN atau ke saya, agar dilakukan sangsi," tegas Legislator dari Dapil Lamongan-Gresik itu.

Sebenarnya, terang Eni, PLN memberi keringanan pembayaran dengan dilakukan angsuran atau dicicil terhadap pembayaran pemasangan listrik.

"Saya bisa membantu untuk membayar cicilan tersebut, sehingga masyarakat tidak perlu membayar sama sekali alias gratis," ujarnya.

Sementara itu, Manager PLN Rayon Babat, Irsam Hasyim menegaskan, biaya  pemasangan telah dibayar,  maka dalam hitungan empat hari kedepan pemasangan sambungan listrik tersebut langsung dipasang dan aliran listrik siap untuk dinikmati.

"Secara keseluruhan, data yang masuk ke kami terkait permintaan warga kurang mampu di Desa Supenuh sebanyak 39 calon pelanggan. Memang ada  beberapa titik yang masih membutuhkan tambahan tiang.  Kami akan berusaha secepatnya untuk merealisasikan permintaan tersebut," katanya.

Selain menggelar dialog dengan masyarakat, kedatangan Eni Maulani di Desa Supenuh Lamongan tersebut juga menyampaikan beberapa program yang menjadi hal utama DPR RI untuk mewujudkan kedaulatan energi, serta memberi ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada setiap wakilnya di parlemen.

Beberapa program itu antara lain terkait Penerangan Jalan Umum (PJU) yang disebar di 125 titik dan retrofit 30 titik.

Salah satu titik pemasangan sudah dilakukan di Desa Supenuh.  Kedatangan Eni Maulani di Desa Supenuh di Desa Supenuh juga didampingi Ketua dan Sekertaris  DPD Golkar Lamongan, Kacung Purwanto dan Ujik Silvian Effendi.

Eni memang paling keras mengkritisi pelayanan PLN terhadap masyakarakat kelas bawah. Saat pencabutan subsidi listrik untuk pelanggan 900 VA, misalnya, Eni menantang keras dalam rapat di Komisi VII DPR RI. Bahkan, Eni salah satu anggota Komisi VII DPR RI yang mendesak agar dilakukan penyambungan listrik gratis untuk masyarakat miskin.(ris)