logo

Wakil Rakyat Micro Site

Minggu, 21 Januari 2018 | Edisi : Indonesia
Lobi

Paripurna DPR, Jazuli Interupsi Pembantaian Rohingya

Selasa, 29 Agu 2017 - 10:58:42 WIB
Mandra Pradipta, TEROPONGSENAYAN
51jazulijuwainipks.jpg
Sumber foto : ist
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyatakan kesedihan, kepedihan, dan keprihatinan yang mendalam atas tragedi pembantaian muslim Rohigya di distrik atau kawasan Rakhine Myanmar. Jazuli menyampaikan hal saat interupsi sebelum pembukaan rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan kinerja DPR Tahun Sidang 2016-2017 dalam rangka Hari Ulang Tahun DPR RI ke-72.

"Apa yang terjadi di Rohingya sangat menyedihkan, di luar akal sehat dan nurani kemanusiaan kita yang beradab, sehingga tidak bisa lagi ditolelir," kata Jazuli di Ruang Paripurna Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Untuk itu, lanjut Anggota Komisi I, seluruh dunia harus menghentikan tragedi kemanusiaan paling memilukan di abad ini. Pasalnya, ia telah menjadi isu internasional dengan tersebarnya berita, foto, dan video pembantaian muslim Rohingya ke seluruh dunia.

"Dunia berduka, dan tidak berhenti di situ atas nama tanggung jawab kemanusiaan universal kita harus menghentikan pembantaian manusia di sana," tegas Jazuli.

Fraksi PKS sendiri, tandas Jazuli, akan menggalang solidaritas kemanusiaan untuk Rohingya di Parlemen serta mendorong Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri untuk melakukan diplomasi multitrak yang efektif guna menyelematkan saudara-saudara kita di sana.

"Kami di Fraksi PKS akan berusaha sekuat tenaga untuk membantu saudara-saudara kita di sana melalui berbagai saluran dan kewenangan yang kami miliki, semata-mata atas nama kemanusiaan yang adil dan beradab," pungkas Jazuli. (plt)