logo

Wakil Rakyat Micro Site

Rabu, 19 September 2018 | Edisi : Indonesia
Ekspresi

Doa Jazuli di Forum Parlemen Dunia Diapresiasi Seluruh Delegasi

Rabu, 06 Sep 2017 - 15:08:07 WIB
Mandra Pradipta, TEROPONGSENAYAN
45Jazuli-doa.jpg
Sumber foto : Istimewa
Jazuli Juwaini memimpin doa dalam pembukaan acara Forum Parlemen Dunia di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/9/2017)

NUSA DUA (TEROPONGSENAYAN)--Usai memimpin doa dalam pembukaan Forum Parlemen Dunia, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini banjir pujian dan apresiasi dari para delegasi. 

Banyak anggota Parlemen negara-negara sahabat yang memberi ucapan selamat serta mengapresiasi dan meminta berswafoto dengan Jazuli. Di antaranya delegasi dari Iran, Srilanka, Thailand, Malaysia, Kuwait, negara-negara Afrika. 

Apresiasi juga banyak datang dari kolega Anggota DPR RI termasuk Pimpinan Dewan.

Forum Parlemen Dunia Untuk Pembangunan Berkelanjutan ini sendiri diikuti delegasi Parlemen dari 45 negara dan dibuka secara resmi oleh Ketua DPR RI pagi ini di Nusa Dua, Bali. Acara akan berlangsung dua hari 6-7 September 2017.

Dalam doanya, Jazuli menekankan semangat untuk menghadirkan kemajuan dan kesejahteraan bagi rakyat dan bangsa-bangsa di dunia melalui pembangunan yang berkesinambungan. 

Untuk itu, ia mendoakan agar tidak ada lagi bangsa yang berkepanjangan hidup dalam penderitaan. Sembari berharap agar segala bentuk kezaliman, kekerasan, dan kebencian hilang dari muka bumi sehingga manusia bisa hidup tenang dan damai.

Anggota Komisi I DPR ini juga meminta seluruh hadirin merenungi bahwa tidak ada kekuatan yang melebihi kekuatan Allah Yang Maha Kuat. Untuk itu, Jazuli menyerukan agar negara-negara kuat bisa menyayangi negara yang lemah dan negara-negara yang lemah bisa menjadi kuat. 

Berikut teks lengkap doa yang dibacakan Jazuli Juwaini: 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Ketua dan Pimpinan DPR RI, Ketua dan Pimpinan BKSAP, Pimpinan Parlemen dan Anggota Delegasi negara-negara sahabat.

Para Tamu Undangan, Hadirin dan Hadirat sekalian. 

Sebagai umat yang berkeyakinan kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa mari kita berdoa kepada-Nya sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan terhadap agama kita masing-masing.

Izinkan saya memimpin doa dengan cara agama Islam.

Bismillahirohmanirohim

Alhamdulillah hamdan yuwafi ni'amahu wa yukafi mazidah. Ya Rabbana lakal hamdu kamaa yanbagi lijalaali wajhikal kariim wa 'adhimi sulthonik.

Ya Allah Kami persembahkan kepadamu seluruh bentuk pujian yang layak dengan kebesaran dan keagungan-Mu atas seluruh nikmat dan karunia yang Kau anugerahkan kepada kami.

Allahumma iyyaka na'budu wa iyyaka nastain.

Hanya kepada-Mu kami mengabdi ya Robb, dan hanya kepada-Mu kami memohon, terimalah pengabdian kami dan kabulkanlah permohonan-permohonan kami.

Ya Allah Ya Alim Engkau Yang Maha Mengetahui, saat ini kami para wakil rakyat dari berbagai penjuru dunia berkumpul di tempat ini dalam waktu beberapa hari untuk mendiskusikan, membahas, tukar pengalaman tentang hal-hal penting yang dapat memajukan dan mensejahterakan rakyat dan bangsa kami di seluruh dunia. Cerdaskan lah pemikiran kami agar dapat merumuskan sesuatu sesuai kebutuhan yang tepat sasaran dalam pembangunan yang berkesinambungan.

Ya Allah Ya Rahman Ya Rohim, Engkau Yang Maha Pengasih dan Penyayang, tanamkanlah kasih sayang-Mu pada seluruh hati manusia di dunia ini. Agar kami dapat membangun bangsa dan negara kami dengan penuh kasih sayang. Agar kami dapat membangun kerjasama antar umat, antar bangsa bangsa di dunia ini, dengan penuh kasih sayang.

Ya Allah Ya Hafidz, Engkau Yang Maha Pelindung, lindungilah bangsa-bangsa yang lemah di muka bumi ini agar mereka tidak terus-menerus hidup dalam penderitaan. Hilangkanlah kezaliman, kekerasan, dan kebencian dari muka bumi ini agar manusia bisa hidup tenang, tentram, dan damai, saling menghormati dan menyayangi, baik dalam satu negara maupun antar bangsa, untuk mewujudkan tatanan dunia yang demokratis, modern, maju, adil, dan sejahtera.

Ya Allah Ya Qowi, Engkau Yang Maha Kuat, kami yakin kekuatan-Mu di atas negara adidaya manapun di dunia ini. Tunjukkanlah kekuatan-Mu pada kami agar negara-negara kuat bisa menyayangi negara yang lemah dan negara-negara yang lemah bisa menjadi kuat. Sehingga tidak ada lagi sekat-sekat atas nama lemah dan kuat karena kita maju dengan kekuatan bersama untuk menutupi kelemahan yang ada.

Allahumma anta salaam.

Ya Allah Yang Maha Penyelamat, selamatkanlah bangsa-bangsa di dunia dari kehancuran dan pertikaian.

Ya Allah Yang Maha Damai, tanamkanlah kedamaian dalam hati-hati kami agar kami dapat hidup dengan penuh kedamaian menuju terwujudnya masyarakat dunia yang mencintai dan menghargai perdamaian.

Ya Allah berkahilah acara kami ini agar dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara kami masing-masing.

Rabbana aatina fiddunya hasanah.

Robbana taqobbal minna, innaka sami'ul aliim.

Wassollallohu 'ala sayyidina Muhammad, wa ' ala alihi wa sohbihi ajma'in

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.(yn)