logo

Wakil Rakyat Micro Site

Minggu, 21 Oktober 2018 | Edisi : Indonesia

Ketua Fraksi PKS: Merdeka Itu Soal Kemandirian

Jumat, 17 Agu 2018 - 21:22:58 WIB
Mandra Pradipta, TEROPONGSENAYAN
4Jazuli-Hardiknas.JPG.JPG
Sumber foto : Istimewa
Jazuli Juwaini

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Hari Kemerdekaan RI ke-73 dilaksanakan dengan khidmat sekaligus meriah di berbagai daerah. Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengucapkan selamat HUT RI ke-73 kepada seluruh rakyat Indonesia. 

"Selamat Hari Kemerdekaan. 73 tahun kita merdeka, ada banyak kemajuan yang layak kita syukuri, meski ada banyak juga yang masih harus kita raih untuk mewujudkan Indonesia yang adil sejahtera dan bermartabat," kata Jazuli di Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Jazuli Juwaini punya makna sendiri terhadap arti kemerdekaan. Ia bukan saja tentang lepas dari penjajahan, tapi soal kemandirian bangsa. 

"Kemerdekaan lebih bermakna jika dikaitkan dengan kemandirian bangsa. Yaitu satu kondisi dimana sebagian besar, jika tidak seluruh, rakyat dapat hidup mandiri di atas kaki sendiri atau dengan kata lain dalam kondisi sejahtera lahir dan batin," ujarnya.

Anggota Komisi I ini selalu ingat pesan Bung Karno untuk menjadi bangsa yang berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri baik dalam politik, kebudayaan, dan terlebih dalam ekonomi. Inilah intisari kemerdekaan menurut proklamator kita. 

"Jujur kita belum pada kondisi mandiri dan berdikari. Ada banyak faktor, dan pemerintah punya andil besar atas kondisi kemandirian bangsa ini. Ini soal keberpihakan kebijakan pada rakyat kecil, petani nelayan dan petambak lokal, pekerja dan pengusaha dalam negeri, serta produk-produk bangsa sendiri," kritiknya. 

Maka dari itu Fraksi PKS DPR selalu kritis terhadap kebijakan yang tidak berpihak pada kemandirian bangsa, baik itu kebijakan importasi, harga-harga, serta tenaga kerja asing. 

Fraksi PKS juga tidak asal kritis tapi juga solutif dengan mewujudkan kerangka kebijakan kemandirian yang komprehensif melalui peran legislasi, yaitu dengan mengusulkan RUU Kewirausahaan Nasional. 

"Mudah-mudahan RUU ini bisa disahkan tahun ini dan menjadi kado kemerdekaan RI dalam upaya semakin mengokohkan kemandirian bangsa, kemandirian rakyat Indonesia," pungkas Jazuli.(yn)