logo

Wakil Rakyat Micro Site

Minggu, 21 Oktober 2018 | Edisi : Indonesia

Jazuli: Hentikan Kampanye Hitam dan Politik Uang

Senin, 24 Sep 2018 - 12:26:00 WIB
Mandra Pradipta, TEROPONGSENAYAN
78Jazuli-Juwaini.jpg.jpg
Sumber foto : Dok/TeropongSenayan
Jazuli Juwaini

SERANG (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 yang diselenggarakan KPU di Provinsi Banten, Minggu (23/9/2018).

Caleg DPR RI Dapil Serang dan Cilegon ini berharap pemilu 2019 berjalan fair, bersih, aman, dan damai.

"Indikator pemilu yang fair, bersih, aman dan damai jika seluruh kontestan peserta pemilu dan warga masyarakat menjunjung tinggi sportivitas dengan tidak melakukan kampanye hitam dan politik uang," kata Jazuli.

Dengan semangat itulah, Anggota Komisi I DPR RI hadir dalam Deklarasi Kampanye Damai KPU ini.

Untuk menunjukkan komitmen agar pesta demokrasi 5 tahunan ini benar-benar menghasilkan pemimpin, presiden-wapres, dan anggota legislatif yang berkualitas.

"Yuk kita kokohkan demokrasi yang telah kita pilih bersama sebagai sistem bernegara. Jadikan demokrasi untuk menghadirkan kesejahteraan rakyat dan solusi bagi problematika kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga rakyat semakin adil sejahtera dan bermartabat," ungkapnya.

Anggota DPR RI yang telah tiga periode mewakili Banten ini menegaskan demokrasi yang bermakna demikian tidak akan pernah terwujud jika komponen kepemiluan mulai dari penyelenggara, peserta pemilu, dan rakyat pemilih tidak memiliki komitmen untuk menghadirkan pemilu yang fair, adil, bersih, aman dan damai.

"Kita tidak menutup mata dalam setiap penyelenggaraan pemilu selama ini ada banyak kecurangan mulai kampanye hitam, eksploitasi SARA, politik uang dan manipulasi suara rakyat," ucapnya.

"Saya mengajak mari hentikan itu semua dan jika masih ada perilaku tercela itu kita minta pengawas pemilu dan aparat kepolisian menindak tegas," tegasnya.

Terakhir, penulis buku "Mengawal Reformasi dan Mengokohkan Demokrasi" serta buku "Menjadikan Demokrasi Bermakna" ini berharap seluruh komponen masyarakat ikut menjaga dan mengawal Deklarasi Damai Pemilu 2019 kali ini.

"Kita apresiasi KPU dan Bawaslu atas pelaksanaan Deklarasi Damai Pemilu ini. Tapi yang terpenting adalah implementasinya. Saya mengajak seluruh komponen masyarakat, ayo kita laksanakan dan kawal bersama," ujarnya.(yn)