logo

Wakil Rakyat Micro Site

Kamis, 18 Januari 2018 | Edisi : Indonesia
Lobi

Sinergikan KPK Polri dan Kejagung, Komisi III Berencana Gelar FGD

Rabu, 06 Sep 2017 - 21:22:13 WIB
Mandra Pradipta, TEROPONGSENAYAN
77Nasir-Djamil-pks.jpg
Sumber foto : Istimewa
Nasir Djamil

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisi III DPR berupaya mensinergikan Polri, KPK dan Kejagung dalam penegakan hukum tindak pidana korupsi. Guna mengevaluasi hal itu, komisi hukum DPR tersebut berencana menggelar Forum Group Discussion (FGD).

"Dalam konteks Tipikor kita ingin evaluasi Kejaksaan, Kepolisian, dan KPK. Sehingga tidak ada yang merasa lebih hebat dari yang lain," kata anggota Komisi III DPR Nasir Djamil di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Forum ini diperlukan untuk melihat kesamaan penanganan kasus korupsi di tiga lembaga penegak hukum tersebut.

"Selama ini ada semacam, apa ya, kalau ke Sukamiskin, ketemu napi-napi Tipikor, mereka bilang, 'kalau yang diusut oleh Kejaksaan hukumannya biasanya lebih ringan'," tegasnya.

Selain itu, kata Nasir, forum ini juga untuk memperbaiki peraturan perundang-undangan di kepolisian, kejaksaan dan KPK. Sebab, UU yang mengatur ketiga lembaga itu sudah lama tidak direvisi.

"‎Ini sudah lama produknya, sementara dinamika hukum berkembang. Banyak kasus yang dulu nggak pernah kita perkirakan sekarang terjadi. Makanya kami ingin menggelar itu dalam rangka memberi masukan kepada pemerintah, sama-sama memperbaiki UU itu," tutupnya.(yn)