logo

Wakil Rakyat Micro Site

Kamis, 20 September 2018 | Edisi : Indonesia
Lobi

DPR Dukung Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus Arun

Jumat, 08 Sep 2017 - 13:49:30 WIB
Mandra Pradipta, TEROPONGSENAYAN
85nasir_djamil.jpg
Sumber foto : Istimewa
Nasir Djamil

LHOKSEUMAWE (TEROPONGSENAYAN)--Tim pemantau pelaksanaan pemerintahan Aceh dan otonomi khusus Papua DPR mendukung penuh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ARUN untuk segera direalisasikan. Bahkan, sebagai bentuk dukungan, DPR akan menyelenggarakan sebuah forum untuk membahas isu-isu terkini KEK Arun.

"Kami sudah melaporkan kegiatan seminar ini dan salah satu pimpinan DPR menyambut positif bahkan akan merencanakan pembahasan KEK Arun ini dalam sebuah forum khusus," kata Anggota Tim pemantau pelaksanaan pemerintahan Aceh dan otonomi khusus Papua DPR, Muhammad Nasir Djamil dalam seminar nasional di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (8/9/2017).

Anggota Komisi III DPR ini mengatakan, ekonomi khusus Arun tidak boleh hanya impian semata, tetapi harus mampu direalisasasikan guna menjawab kesenjangan dan ketidakadilan ekonomi dalam kehidupan masyarakat Aceh. 

"Konkritnya adalah menghadirkan dan mengembang kan negara kesejahteraan yang berkhidmat, mungkinkah ini terwujud?," ujarnya.

Menurut tokoh muda Aceh tersebut, mimpi itu sangat mungkin terwujud jika pusat dan daerah merasa saling memiliki.

“Pusat adalah pusatnya daerah, dan daerah adalah daerahnya Pusat. Adagium ini adalah cermin pengakuan politik dan politik pengakuan," terang Nasir. 

"Karena itu kehadiran KEK Arun, tidak boleh sekedar asal buat atau karena ada kesempatan membuatnya. KEK Arun adalah apa yang dilakukan pemerintah, bukan apa yang ingin atau diniatkan akan dilakukan pemerintah," tegasnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan PP 5 Tahun 2017 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Arun, Lhokseumawe Aceh. Hingga saat ini proses mewujudkan KEK Arun tersebut sedang berjalan.(yn)