logo

Wakil Rakyat Micro Site

Sabtu, 23 Juni 2018 | Edisi : Indonesia

Nasir Djamil Minta Masyarakat Ubah Paradigma Soal Bencana

Senin, 25 Des 2017 - 13:44:54 WIB
Mandra Pradipta, TEROPONGSENAYAN
4NasirDjamil.jpg
Sumber foto : Istimewa
Nasir Djamil

BANDA ACEH (TEROPONGSENAYAN)--Anggota DPR RI asal Aceh, Nasir Djamil mengingatkan masyarakat agar mengubah paradigma bencana dari tanggap darurat ke mitigasi.

Hal itu dikatakannya saat menjadi keynote speaker pada diskusi publik Pengurangan Risiko Bencana yang digelar Forum PRB Aceh di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh di Banda Aceh, Senin (25/12/2017).

"Kalau selama ini kita hanya disibukkan dengan urusan tanggap darurat saat terjadi bencana, mulai saat ini harus kita ubah ke penyiapan diri melalui berbagai upaya untuk penguatan kemampuan menghadapi bencana," kata Nasir Djamil.

Lebih jauh Nasir mengingatkan tentang pentingnya penyiapan diri pada masa pra-bencana. Dengan cara itulah, lanjut dia, bisa diwujudkan Aceh Teuga dan tangguh bencana.

"Saya akan ajak kawan-kawan Forbes DPR dan DPD RI untuk bersama-sama mencarikan format yang tepat bagaimana kita mengedukasi masyarakat agar mereka selalu siap dan tangguh menghadapi bencana," jelasnya.

Diskusi publik tersebut diikuti oleh keuchik dan tokoh perempuan dari 20 desa dalam wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Narasumber selain Nasir Jamil juga ada Kalak BPBA diwakili Kasi Kesiapsiagaan Mukhsin Syafi’i ST MT, Ketua Dewan Pakar Forum PRB Aceh Dr Taqwaddin SH SE MS, dan Kepala DPMG Aceh Prof Dr Ir Amhar Abubakar MSc.(yn)