logo

Wakil Rakyat Micro Site

Selasa, 16 Juli 2019 | Edisi : Indonesia
Opini

Hasil Konsensus, Romi Bilang Pancasila Wajib 'Diimani'

Sabtu, 17 Jun 2017 - 17:04:25 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
46IMG-20170617-WA0026.jpg
Sumber foto : Istimewa
Romahurmuziy (kedua, kiri)

PURWAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi) mengatakan, Pancasila menjadi sesuatu yang wajib 'diimani' warga negara Indonesia. Hal itu karena Pancasila merupakan konsensus bersama.

"Iman adalah setuju tanpa reserve dan kita adalah pewaris dari para pembuat konsensus," kata Romi saat memberikan kuliah umum kepada Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta di Gedung Yudistira Kompleks Pemda Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (17/6/2017).

Menurutnya, sebagai penerima waris maka apa yang diwariskan harus dikembangkan.

"Pemberi warisnya adalah para pendiri bangsa yang telah mengkonsensuskan Pancasila. Jangan kemudian kita sebagai penerima waris justru mengacak-acak, mengganggu, mendekonstruksi, mengurangi apalagi mengganti Pancasila," ujarnya.

Sebab bila sampai mengganti Pancasila, ujarnya, maka bangsa ini bukanlah penerima waris yang baik.

"Kalau tidak dipertahankan, maka Republik ini akan bubar. Tidak mudah mencari common ground. Menyepakati sesuatu hal yang ada di kepala 255 juta rakyat Indonesia itu bukanlah hal yang mudah," ucapnya.

Menurutnya, Pancasila juga jangan sampai menjadi ideologi yang hanya memiliki tafsir tunggal oleh penguasa.

"Siapapun boleh menafsirkannya, sehingga Pancasila bisa menjadi penguat. Sebab, Pancasila tidak hanya sekedar dibaca atau dihapalkan, melainkan dipelajari," kata Romi.(yn)