logo

Wakil Rakyat Micro Site

Kamis, 18 Januari 2018 | Edisi : Indonesia
Opini

Romy: Demokrasi Tak Bisa Dibiarkan Tanpa Kendali 

Minggu, 17 Sep 2017 - 07:36:50 WIB
Sahlan, TEROPONGSENAYAN
76Romy-Muskerwil-PPP.jpg
Sumber foto : Sahlan/TeropongSenayan
Romahurmuziy (kedua, kanan) membuka acara Muskerwil PPP Sumatera Barat, Sabtu (16/9/2017)

PADANG (TEROPONGSENAYAN)--Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) Sumatra Barat menggelar musyawarah kerja wilayah (Mukerwil) ke I, Sabtu (16/9/2017).

Acara yang dihadiri ribuan kader PPP dari berbagai wilayah di Sumatera Barat itu dibuka langsung Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Dalam pidatonya, Romy, sapaan akrab Romahurmuziy mengatakan, jatuhnya Presiden Soeharto membuka sistem demokrasi yang sesungguhnya. 

Demokrasi yang diniscayakan menjadi multipartai. Sistem multipartai adalah sebuah sistem yang terdiri atas berbagai partai politik yang berlaga dalam pemilihan umum, dan semuanya memiliki hak untuk memegang kendali atas tugas-tugas pemerintah, baik secara terpisah atau dalam koalisi.

"Namun kita juga tidak bisa membiarkan demokrasi berjalan tanpa kendali, sehingga kemudian membuat rakyat anti partai," kata Romy.

Demokrasi tanpa kendali, kata Romy, bisa membuat rakyat akan anti kepada partai. 

"Maka kita harus lakukan konsolidasi secara natural, tidak di paksa, sebagai dulu di paksa kelompok seperituil, materi menjadi PPP pada tahun 73," ucapnya.

Anggota Komisi XI DPR RI ini juga menyebut, partisipasi politik semakin menurun. Ini dibuktikan data penurunan partisipan pemilih dalam Pemilu. Pada 1999 angka partisipan pemilu mencapai 92,7 persen, sedangkan pada 2014 hanya menyentuh angka 75,11 persen. 

"Demokrasi prosedural yang semakin terkonsolidasi. Perpaduan antar parpol ini ditandai makin berkurangnya jumlah parpol penghuni parlemen hasil pemilu," kata dia.

Hal ini diperkuat dengan data jumah parpol di kursi DPR pada 1999 mencapai 20 parpol. Namun, 2014 menjadi 10 parpol. "Bisa saja diferensiasi dan konsolidasi politik terjadi masa mendatang," ujar Rommy.

Acara Mukerwil ke-I PPP Sumbar ini dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Wakil Walikota Padang Emzalmi, DPRD Sumatra Barat Fraksi PPP, dan seluruh pengurus dan kader PPP se-Sumatra Barat.(yn)