logo

Wakil Rakyat Micro Site

Rabu, 19 September 2018 | Edisi : Indonesia
Pilgub Jateng 2018

Idamkan Duet Muqowam-Ganjar, Romi Minta Petuah Kiai Langgar

Jumat, 01 Des 2017 - 14:29:30 WIB
Sahlan, TEROPONGSENAYAN
9Romi-Pilgub-Jateng.jpg
Sumber foto : Sahlan/TeropongSenayan
Romahurmuziy

SEMARANG (TEROPONGSENAYAN)--Partai Persatuan Pembangun (PPP) terus mematangkan persiapan jelang kontestasi Pilgub Jawa Tengah 2018. Ketum PPP Romahurmuziy meminta masukan para kiai langgar se-Jateng.

PPP mendorong kader internal, Ahmad Muqowam yang saat ini menjabat anggota DPD RI untuk mendampingi petahana, Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng.

"Kiai yang dikumpulkan adalah kiai langgar. Kiai Majelis Syariah PPP se-Jawa Tengah," kata pria yang akrab disapa Gus Romi di Halaqah Ulama se Jawa Tengah Untuk Kemaslahatan Rakyat di Semarang, Jumat (1/12/2017).

Dalam pertemuan tersebut, anggota Komisi XI DPR ini memaparkan situasi politik nasional hingga peta politik menuju 2019. 

"Kita juga sampaikan berbagai skenario untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah," ujarnya.

Dari pertemuan terebut, Romi juga mendapat masukan dari para kiai ini. Dengan masukan tersebut, ia semakin yakin dengan ikhtiar politik yang dilakukan untuk menyandingkan, Muqowam dengan Ganjar.

Saat ini komunikasi politik juga terus dilakukan antara PDIP dan PPP.

"Untuk progres ke depannya tentu sekali lagi namanya juga orang ngelamar, ya kami tunggu jawaban yang dilamar," ucapnya.

Menurutnya, Muqowam merupakan sosok ideal untuk menjadi Wakil Gubernur pendamping, Ganjar untuk kedua kalinya. Sebagai kader PPP, Muqowam dianggap mempunyai banyak pengalaman, selain itu keduanya sudah saling mengenal saat menjadi wakil rakyat di Senayan.

"Pak Muqowam sangat berpengalaman dan sangat senior. Teman Pak Ganjar di DPR, sekarang anggota DPD RI," ungkapnya.

Selain itu menurut, Romi pasangan ini merepresentaikan kondisi politik Jawa Tengah yang di kenal sebagai basis PDIP namun tetap dinamis. Pasangan, Ganjar dan Muqowam menunjukkan masyarakat abangan bisa berdampingan dengan santri untuk membangun Jateng lebih baik kedepan. 

Romi mengapresiasi Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Madani sendiri merupakan perhimpunan dari berbagai pondok pesantren, majelis talim dan para ustad. Sebagai sayap PPP organisasi ini mampu mempertemukan, Ganjar dengan Muqowam dalam halakoh dengan tema 'Demokrasi Politik Daerah Berbasis Kemaslahatan Rakyat.'

Dalam dialog tersebut tampak ada kesamaan visi dan misi antara, Ganjar dan Muqowam untuk membangun Jateng ke depan. Pandangan yang sama di antaranya soal upaya mendorong percepatan program sertifikasi lahan seperti yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo.(yn)