logo

Wakil Rakyat Micro Site

Sabtu, 23 Juni 2018 | Edisi : Indonesia
Lobi

Pimpinan DPR Nilai Postur RAPBN 2018 Masuk Akal

Kamis, 17 Agu 2017 - 13:12:56 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
94taufik-kurniawan-ts2.jpg
Sumber foto : Dok/TeropongSenayan
Taufik Kurniawan (kanan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menilai, RAPBN 2018 sebesar Rp 2.204,3 triliun yang disampaikan Presiden Joko Widodo merupakan postur anggaran yang rasional.

"Tadi secara keseluruhan dengan APBN yang disampaikan dalam nota keuangan presiden, tentunya posturnya yang optimis tentunya sungguhpun kondisi ekonomi dunia belum stabil tapi dengan beberapa hal asumsi makro bisa terealisasi dengan harapan kita semua," ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Rabu (16/8/2017).

Taufik menjelaskan, nota keuangan yang disampaikan Presiden Jokowi di hadapan DPR merupakan komitmen politik pemerintah guna mensejahterakan rakyat lewat pemerataan ekonomi.

Selain itu, lanjut pimpinan DPR bidang ekonomi dan keuangan itu, keinginan pemerintah adanya optimalisasi pendapatan pajak menunjukkan agar APBN 2018 mengarah kepada sejumlah sektor riil.

"Terbukti pemerintah menigkatkan peran serta UMKM, peran dana desa, program keluarga harapan jadi ruang bagi pemerintah dalam kaitan APBN sebagai dokumen politik komitmen pemerintah terhadap masyarakat," tandas Waketum DPP PAN itu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau RAPBN 2018 dalam sidang paripurna DPR, Rabu, 16 Agustus 2017.

Dalam sidang ini, Jokowi membacakan usulan anggaran dalam RAPBN 2018 yang sebelumnya dibahas bersama DPR.

Pertama, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4%

Kedua, inflasi ditetapkan di kisaran 3,5% yang akan dijaga melalui perbaikan kapasitas produksi, stabilitas harga, serta harga komoditas global yang masih relatif rendah. Namun, hal itu juga tergantung dampak cuaca terhadap stabilitas pangan.

Ketiga, nilai tukar atau kurs rupiah ditargetkan ada di angka Rp13.500 per dolar Amerika Serikat (AS).

Keempat, rata-rata suku bunga Surat Perbendaharaan Negara (SPN) tiga bulan ditargetkan dikisaran 5,3%.

Kelima, asumsi harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Oil Prices/ICP) ditargetkan berada di kisaran US$ 48 per barel.

Keenam, lifting volume minyak dan gas bumi ditargetkan mencapai 2 juta sampai 2.050 ribu barel per hari (bph), dengan lifting minyak bumi sekitar 800 ribu bph dan gas bumi sekitar 1,2 juta barel setara minyak per hari.(yn)