logo

Wakil Rakyat Micro Site

Kamis, 18 Januari 2018 | Edisi : Indonesia
Opini

Target Legislasi Belum Maksimal, Ini Jawaban Taufik Kurniawan

Selasa, 29 Agu 2017 - 11:19:32 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
93taufikkurniawan.jpg
Sumber foto : ist
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menginjak usia ke-72, DPR masih kerap menerima kritik tentang belum maksimalnya target legislasi. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyatakan, target legislasi tak bisa hanya dilihat dari aspek kuantitas, tapi perlu dipahami dari segi kualitas.

Taufik mengatakan, pembuatan undang-undang tidak berdasarkan pada banyaknya yang dihasilkan oleh DPR RI. Tetapi, harus melihat dari berbagai aspek seperti kualitas dan kebutuhan masyarakat.

"Menentukan target UU saya sepakat dengan pemerintah, bukan dari segi kuantitas tapi kualitas kebutuhan UU bisa menyelesaikan masalah. Misal sekarang yang perlu direvisi UU sistem transportasi nasional, adanya sistem transportasi online yang perlu nggak hanya dengan peraturan Menhub, tapi sudah Judicial Review MA. Lalu, mengenai UU IT yang saat ini banyak berita-berita hoax dan ujaran kebencian. Lalu, juga mengenai pertumbuhan ekonomi," ujar Taufik di komplek parlemen, Selasa (29/8/2017).

Selain itu, untuk membuat UU juga harus ada peran pemerintah. Sebab, jika pemerintah dan DPR tidak satu persepsi maka akan lama pembahasannya.

Tak hanya itu, hambatan lainnya dalam pembahasan UU adalah dinamika politik di internal DPR karena banyaknya fraksi partai politik yang berbeda pandangan.

"Walau target banyak, tapi struktur personil tak siap. Menjadi tontonan legislasi. Artinya tak siap karena keterbasan personil, waktu, naskah akademik, pleno di Baleg, sehingga penentuan target legislasi tak semata-mata turun dari langit," kata Waketum DPP PAN itu. (plt)