logo

Wakil Rakyat Micro Site

Sabtu, 23 Juni 2018 | Edisi : Indonesia

DPR Dukung Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Finlandia

Rabu, 25 Okt 2017 - 21:00:00 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
10Taufik-Kurniawan-bara.jpg
Sumber foto : Bara Ilyasa/TeropongSenayan
Taufik Kurniawan saat menerima kunjungan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Paivi Hiltunen Toivio di Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu (25/10/2017)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menegaskan DPR RI mendukung peningkatan kerja sama antara Indonesia-Finlandia khususnya di bidang pendidikan, riset, dan teknologi karena banyak hal positif yang bisa diambil dari kerja sama tersebut.

"DPR RI sangat mendukung peningkatan kerja sama Indonesia-Finlandia khususnya di bidang pendidikan, riset dan teknologi," kata Taufik usai menerima kunjungan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Paivi Hiltunen Toivio di Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Taufik mengatakan Finlandia terkenal dengan alat komunikasi dengan teknologi yang diakui dunia yang didukung basis riset.
Karena itu dia mengatakan DPR akan mendukung kerja sama kedua negara tersebut khususnya apabila pemerintah Indonesia memerlukan penguatan regulasi untuk mendukung kerja sama tersebut.

"Kami mendukung sekali karena Finlandia sangat maju terutama di bidang teknologi dan pendidikan. Parlemen Indonesia ingin perkuat kerja sama tersebut barangkali ada yang perlu diperkuat dari sisi aturannya," ujarnya.

Politisi PAN itu juga mengatakan Dubes Finlandia menyampaikan rencana kunjungan ketua parlemen Finlandia dalam waktu dekat ke Indonesia.
Kunjungan itu menurut dia merupakan kunjungan balasan karena delegasi parlemen Indonesia yang dipimpinnya pernah berkunjung ke Finlandia.

"Ketua Parlemen Finlandia akan melakukan kunjungan balasan ke Indonesia, ini akan menjadi peningkatan kerja sama parlemen kedua negara," katanya.
Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Paivi Hiltunen Toivio mengatakan beberapa sektor bisa dilakukan kerja sama kedua negara seperti energi, kehutanan, pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan.

Dia juga mengatakan dalam pertemuan tersebut dirinya menyampaikan rencana kunjungan parlemen Finlandia ke Indonesia yang sudah lama tidak berkunjung.

"Namun Presiden Finlandia pada dua tahun lalu melakukan kunjungan ke Indonesia dan setelah itu diikuti kunjungan para menteri ke Indonesia," katanya.

Dia menegaskan pentingnya mewujudkan dan melanjutkan hubungan baik antara Indonesia-Finlandia dalam berbagai sektor.(yn)