logo

Wakil Rakyat Micro Site

Selasa, 18 Desember 2018 | Edisi : Indonesia

Taufik Kurniawan: Pahlawan Saat Ini, Sosok yang Mampu Menjaga Persatuan

Senin, 13 Nov 2017 - 11:29:35 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
79Taufik-Kurniawan-DPR.jpg
Sumber foto : Istimewa
Taufik Kurniawan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengatakan, Hari Pahlawan jangan hanya sekedar acara seremonial, tetapi harus terus memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan hasil jerih payah para pahlawan sebelumnya.

"Sebuah ungkapan mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Sementara itu Bangsa tanpa pahlawan sama artinya Bangsa yang tidak memiliki sebuah kebanggaan," kata Taufik di Jakarta, Jumat (10/11/2017) lalu.

Taufik menilai, memaknai Hari Pahlawan adalah menghayati perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Menurut dia, perjuangan pahlawan di masa lalu mengusir penjajah yang menjajah secara fisik dengan melakukan penindasan dan tindakan sewenang-wenang terhadap bangsa Indonesia. Sumber daya alam dirampas lalu masyarakat Indonesia ditindas dengan kerja paksa dan menempatkannya di kelas paling bawah.

"Saat ini, Indonesia sudah merdeka, penjajah dalam arti fisik sudah tidak ada. Namun penjajahan dalam bentuk lain masih terjadi," ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPP PAN itu menilai dibutuhkan sosok pahlawan-pahlawan yang hadir dalam membebaskan bangsa Indonesia dari belenggu kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membangun karakter masyarakat Indonesia.

Menurut dia, tantangan bangsa Indonesia kedepan juga terkait dengan upaya mengokohkan persatuan dan kesatuan negara dari upaya intervensi pengaruh yang ingin memecah belah bangsa.

"Karena itu juga dibutuhkan sosok pahlawan-pahlawan yang mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Penting untuk memaknai bahwa kebhinekaan merupakan anugerah yang diberikan tuhan kepada bangsa Indonesia," katanya.

Taufik menjelaskan peringatan Hari Pahlawan harus dijadikan momentum untuk kembali menguatkan semangat membangun di segala bidang seperti ekonomi, politik, sosial-budaya dengan spirit persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang berbhineka.(yn)