logo

Wakil Rakyat Micro Site

Kamis, 18 Januari 2018 | Edisi : Indonesia

Belum Ada Ketua DPR Definitif, Taufik: Rugi Secara Politik

Selasa, 09 Jan 2018 - 20:49:47 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
65taufik-kurniawan-hade.jpg
Sumber foto : Istimewa
Taufik Kurniawan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan berharap Fraksi Partai Golkar segera menyodorkan nama calon ketua DPR.

"Semakin lama Fraksi Partai Golkar mengajukan Ketua DPR RI maka semakin merugi secara politik," ujar Taufik Kurniawan di komplek parlemen, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Taufik menjelaskan, ketua DPR RI yang merupakan pucuk pimpinan bisa memudahkan komunikasi antarlembaga negara.

"Karena Ketua DPR RI sebagai speaker, Partau Golkar pasti memiliki posisi yang strategis otomatis orang pertama DPR yang mewakili DPR RI dalam kaitan melakukan komunikasi dengan antar lembaga. Dari situ saja ruginya, karena semakin lama kan semakin siapa yg akan ditunjuk kepentingan partainya siapa," katanya.

"Walaupun kalau dari Ketua DPR RI bukan atas nama partai, tapi sekali lagi aspek politis dan keuntungan terkait fungsi sebagai speaker komunikasi antar lembaga akan menjadi tertunda," tambahnya.

Selain itu ia menjelaskan, meskipun keputusan politik pergantian Ketua DPR RI disesuaikan setelah atau sebelum UU MD3 soal penambahan pimpinan DPR RI merupakan kewenangan Fraksi Partai Golkar.

"Sekali lagi bukan persoalan masalah waktu, karena tidak ada batas waktu. Apakah sesudah atau sebelum revisi UU MD3 itu tergantung dari judgement Partai Golkar. Yang mana itu menguntungkan itu tergantung dari keputusan Partai Golkar," ungkap Waketum DPP PAN itu.(yn)