logo

Wakil Rakyat Micro Site

Kamis, 20 September 2018 | Edisi : Indonesia

Pemerintah Jangan Loyo Tangani Longsor Brebes

Minggu, 25 Peb 2018 - 07:45:42 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
18taufik-kurniawan-hade.jpg
Sumber foto : Istimewa
Taufik Kurniawan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Brebes, Jawa Tengah dilanda longsor pada Kamis (22/2/2018) lalu. Pimpinan DPR diminta sigap menangani bencana tersebut.

“Kami harap, seluruh pihak-pihak terkait, seperti BPBD dibantu oleh BNPB, dengan Tim SAR, maupun Pemerintah Daerah, untuk turun tangan menangani longsor. Terutama untuk mencari korban yang tertimbun longsoran,” kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Waketum PAN ini mendorong pemerintah daerah mencari solusi bagi warga yang kehilangan tempat tinggal dan merelokasi warga yang terdampak longsor.

“Lahan yang memiliki kemiringan cukup ekstrem, harus diantisipasi agar tidak terjadi longsor. Misalnya dengan pemasangan tiang pancang ataupun talut terhadap tanah yang berpotensi longsor. Masyarakat juga diimbau untuk tidak membangun perumahan di lahan-lahan miring,” imbuh Taufik.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), longsor menyebabkan 6 orang tewas, 14 luka-luka dan 18 orang hilang.(yn)