logo

Wakil Rakyat Micro Site

Rabu, 19 Desember 2018 | Edisi : Indonesia

Lelang Barang Pejabat Negara, Pemerintah Sedang Bokek?

Rabu, 28 Peb 2018 - 15:05:19 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
23Wakil-Ketua-DPR-Taufik-Kurniawan-dok.Twitter-DPR.jpg
Sumber foto : Istimewa
Taufik Kurniawan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mempertanyakan tujuan rencana lelang barang-barang koleksi pribadi pejabat negara.

Lelang tersebut difasilitasi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan.

“Lelang barang-barang koleksi ini untuk apa? Di pengumuman yang beredar, tak ada kejelasan maksud dan peruntukannya. Jika bertujuan untuk menambah penerimaan negara, dan masuk ke APBN, apakah ini indikasi pemerintah sedang krisis keuangan,” kata Taufik seolah bertanya, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Taufik meminta pemerintah, khususnya DJKN untuk segera menjelaskan kepada publik mengenai tujuan dari lelang tersebut. Jika memang lelang itu dilaksanakan untuk kegiatan amal untuk sebuah gerakan tertentu, maka harus dijelaskan yayasan atau institusi yang akan menerima bantuan.

“DJKN harus segera menjelaskan, agar tidak mendapat kecurigaan dari masyarakat. Karena ini terkait dengan jabatan para pejabat negara yang melelang koleksi pribadinya,” tandas politisi F-PAN itu.

Diketahui, sejumlah pejabat negara mulai dari Wakil Presiden Jusuf Kalla hingga beberapa menteri di Kabinet Kerja dijadwalkan bakal melakukan lelang koleksi pribadinya yang difasilitasi DJKN.

Lelang ini akan berlangsung di Galeri Nasional Indonesia pada tanggal 28 Februari 2018 mendatang, dengan menggunakan dua metode yakni secara konvensional dan juga elektronik atau internet.(yn)